Rohis STIS

Bersama Berjuang Dalam Dakwah

Tentang Rohis


Hai orang-orang beriman, jika kamu menolong (agama) Allah, niscaya Dia akan menolongmu dan meneguhkan kedudukanmu (QS Muhammad: 7)

Manusia terbangun atas unsur akal, jasmani, dan ruhani. Harapan ideal setiap orang adalah kebahagian sejati yang meliputi seluruh unsur tersebut. Pancasila, UUD 1945, dan GBHN sebagai landasan kehidupan negara mengisyaratkan tuntutan sumber daya manusia (SDM) Indonesia paripurna, yaitu terwujudnya seluruh aspek yang ada pada manusia yang selaras, serasi, dan seimbang.

Namun, perhatian terhadap pengembangan dan pembinaan aspek ruhani manusia masih sangat kurang dibandingkan aspek jasmani dan akal. Nilai-nilai moral dan akhlak tidak tercermin secara utuh dalam diri manusia karena agama yang merupakan sumber dari nilai-nilai luhur tersebut dipahami secara parsial tidak mencakup seluruh aspek kehidupan.

Islam sebagai agama lengkap dan sempurna (Asysyamil wa mutakamil) tidak hanya mengatur ubudiyah hubungan individu dengan Rabb Maha Pencipta, tetapi juga berisi pedoman seluruh aspek tata kehidupan manusia. Ideologi, politik, social, ekonomi, budaya, dan pertahanan keamanan semuanya diatur dalam Islam. Namun mayoritas umat Islam saat ini, sangat sedikit sekali yang memahami Islam secara komprehensif dan integral. Umumnya mereka mengetahui ilmu pengetahuan dan wawasan keislaman hanya sebagai teori yang lebih banyak diperdebatkan daripada diaktualisasikan dalam keseharian.

Oleh karena itu, sangat tepat apabila upaya penyeimbangan aspek ruhani dari aspek-aspek lainnya harus didukung, dibantu, dan dilindungi sehingga pendidikan SDM dapat bergerak secara bersama. Hal ini diharapkan dapat menumbuhkembangkan dan memajukan kualitas SDM sesuai dengan fitrah insani dan fitrah ilahi.

Dengan tujuan mulia tersebut, maka di lingkungan STIS perlu dibentuk suatu unit untuk mengintegrasikan aktivitas dakwah Islam sebagai upaya menuntut ilmu untuk beramal sekaligus merupakan ladang amal dan ilmu yang dimiliki, yaitu Unit Kegiatan Mahasiswa Rohani Islam Sekolah Tinggi Ilmu Statistik

**

Rohis STIS terdiri atas beberapa departemen yang terbagi dalam beberapa divisi, yakni:

1. BIRO DANA DAN USAHA

2. DEPARTEMEN PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA

Divisi Penelitian dan Pengembangan (Litbang)

3. DEPARTEMEN PENDIDIKAN AL-HASANAH

Divisi Taman Qur’ani

Divisi Kajian

4. DEPARTEMEN SARANA INFORMASI DAKWAH KAMPUS

Divisi Penerbitan

Divisi Mading dan Perpustakaan Al Hasanah

Divisi Kestari Humas-Internal

Divisi Seni dan Olahraga

Divisi Fokri (Forum Kerjasama Rohani Islam PTK)

5. DEPARTEMEN PENGABDIAN MASYARAKAT

Taman Pendidikan Al-Qur’an

Divisi Akademik dan Bimbingan Belajar

6. DEPARTEMEN KEPUTRIAN

Divisi Pemberdayaan Akhwat

Divisi MMC

Tinggalkan Comentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: