Rohis STIS

Bersama Berjuang Dalam Dakwah

Tahukah Anta….


 JILBAB MEMPERKECIL RESIKO KANKER

Memakai jilbab dapat memperkecil resiko terkena kenker tenggorokan dan hidung. Alasannya , jilbab mampu menyaring sejumlah sejumlah virus yang mampir ke saluran pernapasan bagian atas. Profesor Kamal Malaker asal Kanada, menyatakan bahwa perempuan yang menutup kepalanya dengan jilbab jarang sekali terserang virus Epstein barr, yang menyebabkan kanker nasofaring , yaitu kanker yang paling banyak diderita masyarakat untuk jenis kanker Telinga Hidung Tenggorokan (THT) Kepala Leher (KL).

 

 

SHALAT, OBAT BERBAGAI PENYAKIT

Prof.Dr.Andry

dari Paris menyebutkan bahwa gerakan-gerakan dalam shalat bias menurunkan dan mengurangi penyakit kegemukan, rematik, diabetes, batu empedu, sembelit dan sebagainya. Gerakan otot pada waktu shalat bias mengakibatkan urat-urat otot menjadi besar dan kuat. Prof.Dr.Kohirasch dan Prof.Dr.Leube menyebutkan bahwa gerakan shalat dapat mengurangi dan mencegah penyakit jantung, paru-paru, penyakit perut sembelit, penyakit empedu, asma, kegemukan, diabetes, dan rematik.

HIKMAH SUJUD DALAM SHALAT

Tidak ada perintah Allah tanpa mengandung manfaat di dalamnya, dan tiada pula suatu larangan-Nya tanpa ada mudharat di belakang nya. Begitu juga dalam perintah untuk mengerjakan shalat . Menurut Dr.Hembing, gerakan shalat  mengandung manfaat yang sangat baik bagi kesehatan . Setiap gerakan shalat yang dilakukan dengan benar dapat menyentuh titik-titik akupuntur dan memperlancar sirkulasi darah ke seluruh tubuh. Sujud dengan tuma’ninah (berhenti sebentar) dapat menghindari stress.

BOCAH 5 TAHUN HAFAL DAN PAHAM AL-QUR’AN

Seorang anak Iran bernama Sayyid Muhammad Husein Tabataba’i berhasil menghafal 30 juz Al-Quran dalam usia 5 tahun. Ia mampu menerjemahkan arti setiap ayat ke dalam bahasa ibunya (Persia). Bahkan , dia mampu mengetahui letak setiap halaman ayat Al-Qur’an . Di usia 7 tahun , ia berhasil meraih gelar doctor honoris causa dari hijaz college Islamic university, Inggris, pada Februari 1998. Ia menjalani ujian menghafal , menerjemahkan , menafsirkan dan menerangkan Al-Qur’an . Ia lulus baik dari semua ujian itu.

PERISTIWA BESAR DI BALIK 10 MUHARRAM

Abul-Laits

meriwayatkan dengan sanadnya dari Ikrimah , ia berkata. 10 Muharram ialah hari diterimanya taubat Nabi Adam. Allah menaikkan derajat Nabi Idris. Perahu Nabi Nuh berlabuh . Nabi Ibrahim dilahirkan , diangkatkan sebagai kholilillah, serta diselamatkan dari api. Allah menerima taubat Nabi Daud. Allah mengangkat Nabi Isa ke langit. Allah menyelamatkan Nabi Musa. Allah menenggelamkan Fir’aun. Allah mengeluarkan Nabi Yunus dari perut ikan . Allah mengembalikan kerajaan Nabi Sulaiman.

RAHASIA DI BALIK SHALAT DHUHA
 

 

Shalat Dhuha mengandung manfaat sangat besar. Nabi bersabda dalam Hadits Qudsi, Allah berfirman, “Wahai anak Adam , jangan sekali-kali engkau malas mengerjakan empat rakaat shalat dhuha, karena dengan shalat tersebut, Aku cukupkan kebutuhanmu pada sore harinya.” (HR Hakim dan Tabrani). Nabi juga bersabda ,”Barangsiapa melakukan 2 rakaat shalat Dhuha disertai tidak berkata sesuatu kecuali kebaikan , maka dosanya akan diampuni meskipun banyaknya melebihi buih dilautan.” (HR Abu Daud)

MEMAHAMI MAKNA DAN HAKIKAT TAWADHU

Tawadhu’, kata al-Ghazali, berasal dari kata “meletakkan”, maksudnya, menerima kebenaran dari siapa saja. Al-Fudlail Ibn ‘Ayyadi mengartikan tawadhu’ dengan “patuh dan tunduk kepada kebenaran walaupun datangnya dari anak kecil maupun orang yang lebih rendah derajatnya”. Sedangkan Imam Al-Hasan menjelaskan, tawadhu’ adalah ;”ketika kamu keluar dari rumahmu dan berjumpa dengan orang lain, kamu melihat bahwa orang itu lebih baik dari padamu”.

KRITERIA YANG LAYAK JADI TEMAN

Syekh az-Zarnuji dalam Ta’ilim al-Muta’allim berpendapat bahwa ada tiga sifat orang yang layak dijadikan teman dalam hidup ini , yaitu orang yang memiliki sifat tekun, tidak suka berbuat dosa, dan jujur dalam bersikap dan bertindak. Sementara itu, yang harus dijauhi adalah teman yang mempunyai sifat pemalas , pengangguran atau tidak pandai bergaul, banyak bicara, suka mengacau dan gemar memfitnah orang. Orang yang punya sifat ini dapat mengantarkan seseorang pada kemudharatan dalam hidup.

METODE MENGHAFAL YANG EFEKTIF

Metode ini diperuntukkan bagi anda yang masih berstatus pelajar atau mahasiswa. Agar dapat menghafal atau mengingat pelajaran dengan baik, masih menurut Syekh az-Zarnuji, ada beberapa cara yang dilakukan . Pelajaran hari kemarin hendaknya diulang sebanyak lima kali, hari lusa empat kali, hari kemarin lusa tiga kali, hari sebelum itu dua kali, dan hari sebelumnya lagi satu kali. Hendaknya dalam mengulangi (muthala’ah) pelajaran jangan pelan-pelan , tapi sedikit keras dan penuh semanagat tinggi.

SIWAK DAN MADU MEMPERKUAT INGATAN

Ini juga masih menurut az-Zarnuji. Menurutnya , untuk mempertahankan dan memperkuat ingatan hafalan dapat dilakukan dengan rajin bersiwak dan minum madu. Di samping itu, segala sesuatu yang bisa mengurangi pelendiran dahak dan mengurangi pelemakan kulit badan yang diakibatkan terlalu banyak makan , juga bisa menambah kuat hafalan. Sesuatu yang bisa memparbanyak lender dahak dapat membuat orang jadi lupa. Begitu juga dengan perilaku maksiat dan suka gelisah karena berbagai urusan dunia.

LAKNAT BAGI YANG MENYAMBUNG RAMBUT

Belakangan ini, menyambung rambut (hair extension) menjadi tren yang banyak diminati, utamanya oleh kaum perempuan. Padahal, Tahukah Anta, Rasulullah saw mencela perempuan yang menyambung rambutnya. Sebagaimana dalam hadits berikut : Dari Abdullah bin Umar r.a., “Rasulullah saw melaknat perempuan yang menyambung rambutnya dan perempuan yang minta disambungkan rambutnya, perempuan yang mentato (kulitnya) dan perempuan yang minta dibuatkan tato.” (HR Nasa’i)

KEBAIKAN DALAM SHALAT MALAM

Membiasakan shalat di malam hari termasuk bagian dari menghidupkan sunnah Rasulullah saw. Dan , termasuk orang yang merugi bila melewatkan malam hari begitu saja tanpa mengerjakan shalat malam . Nabi bersabda : “Sesungguhnya pada malam hari ada saat yang apabila seorang muslim meminta suatu kebaikan dalam urusan dunia dan akherat kepada Allah, niscaya Dia akan memberikannya. Dan itu setiap malam.”

(HR. Muslim)

TULANG EKOR DI HARI KEBANGKITAN

Sejumlah hadits Nabi menyebutkan bahwa tulang ekor (ajb adz-dzanab) merupakan benih dasara yang menjadi titik tolak penciptaan manusia sewaktu dalam proses pembentukan janin. Tulang ekor ini akan tetap utuh meski seluruh tubuh telah hancur lebur dimakan tanah . Tulang ekor inilah yang menjadi benih dihidupkannya kembali manusia pada hari kebangkitan . Nabi saw bersabda : “Seluruh bagian tubuh anak Adam akan dimakan tanah kecuali tulang ekor. Darinyalah ia diciptakan dan dengannyalah ia dirakit kembali.” (HR Muslim). Ilmuan Jerman, Hans Spemann, dan kawan-kawan, dalam uji eksperimennya yang dilakukan pada 1931-1935 , berhasil membuktikannya. Dalam uji cobanya itu tim ilmuan ini melakukan penumbukkan tulang ekor dan perebusan tulang ini pada suhu panas dan dalam jangka waktu yang panjang. Lalu, tulang yang telah ditumbuk dan direbus itu ditransplantasikan ke dalam embrio-embrio lain. Hasilnya tulang ekor itu tetap dapat tumbuh dan membentuk poros janin. Mereka menyimpulkan , bahwa sel-sel tulang ekor ini tidak dapat dimusnahkan sama sekali, meski dengan proses penumbukan maupun pendidihan sekalipun. Penemuan ilmiah ini mengantarkan Hans Spemann meraih hadiah Nobel pada tahun 1935. Menariknya, Spemann belum pernah mengetahui sama sekali hadits Nabi di atas.

1 Comment

  1. rapita

    Semangat adik2ku!!!

Tinggalkan Comentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: